Hitung 1000 ML Berapa Liter Air Minum Kemasan Botol Besar

Dalam kebutuhan sehari-hari, galon adalah salah satu air minum dalam kemasan. Dibanding bentuk lainnya, galon memiliki kapasitas volume air minum yang lebih besar. Karena seringnya membeli galon mungkin Anda tidak sempat membaca label keterangan yang tertera di galonnya.

Dalam satu galon berapa liter sih air yang ditampungnya? Dalam 1000 ml berapa liter yang bakal didapat? Dalam konversi satuan militer, satu galon setara dengan berapa banyak botol air kemasan? Berikut penjelasannya.

Volume Air Minum Kemasan

Di Indonesia, galon tidak dipakai untuk mengukur volume air melainkan memakai satuan liter. Galon di Indonesia justru punya arti sebagai wadah yang menampung air minum dalam kemasan. Karenanya,  satuan volume di Indonesia umumnya memakai mililiter atau liter.

Beberapa air minum dalam kemasan memiliki volume yang berbeda tergantung pada bentuknya. Ini memengaruhi berapa volume air yang terkemas di dalamnya. Adapun di Indonesia beberapa bentuk dan volume sesuai dengan kapasitas muatan airnya.

  1. Air kemasan gelas memiliki kapasitas volume air minum sekitar 240 ml;
  2. Air kemasan botol punya varian yang beragam dalam menampung kapasitas volume airnya mulai dari 300 ml, 600 ml, 750 ml sampai 1.500 ml;
  3. Air dalam kemasan galon punya kapasitas volume air minum sekitar 19 liter.

Dengan mengacu pada air botol kemasan yang paling besar, maka Anda bisa menghitung ada berapa banyak air kemasan dalam botol yang dibutuhkan untuk mengisi satu galon.

Menakar Air Minum Kemasan Galon

Untuk mengetahui 1000 ml berapa liter, maka yang perlu dilihat adalah ada berapa tingkatan yang dikonversi. Jika konversi itu berada dari atas ke bawah, maka Anda tinggal mengalinya 10 kali. Sebaliknya, jika tingkatannya dari atas ke bawah, maka Anda tinggal membagi 10 kali.

👉 TRENDING  Apa itu reklame tolong di jawab

Dalam satuan liter, 1000 ml setara dengan 1 liter. Angka ini bisa Anda ketahui karena dalam tangga ml ke liter membutuhkan 3 kali ke atas. Atau sederhananya adalah Anda tinggal menguranginya saja angka 0 sebanyak 3 kali. Maka, terlihat jawabannya adalah 1 liter.

Jika demikian, maka dalam menakar air minum kemasan galon setara dengan Anda membeli 12 botol air minum kemasan botol yang paling besar. Karenanya, dengan memakai galon, Anda sudah menghemat atau tidak perlu membeli air minum dalam botol yang bisa menghabiskan banyak pengeluaran. Dengan membeli galon, Anda bisa memangkas pengeluaran dan mengalihkannya dengan kebutuhan lainnya.

Itulah perhitungan yang bisa Anda ketahui dari 1000 ml berapa liter yang dibutuhkan untuk mengisi air galon. Ketimbang harus membeli air minum kemasan botol, Anda pasti lebih menghemat dengan membeli galon baru atau mengisi ulang galonnya.

best tracker