1 Galon Berapa Liter Dan Sejarah Galon

Kebanyakan kebutuhan akan air minum dipenuhi dengan air minum kemasan dalam galon, yang lebih praktis dan siap minum. Lalu yang menjadi pertanyaan ialah satu galon berapa liter?

Sejarah Ukuran Galon

Istilah galon itu awalnya diperkirakan asalnya dari kata galon, yaitu sebutan galon dalam bahasa Prancis Kuno Utara. Lalu ada juga istilah kuno gęllet yang artinya mangkuk dalam bahasa Inggris Kuno. Dalam praktiknya pengukuran anggur dan bir di Inggris menggunakan satuan ukur galon. Kini di dunia dikenal dua standar ukuran galon yakni standar galon AS atau Amerika Serikat dan standar galon UK atay Inggris. Sedangkan di Indonesia dipergunakan galon kecil dan gakin besar

1 Galon Berapa Liter?

Jadi guna menjawab pertanyaan 1 galon berapa liter maka jawabannya tergantung jenis galonnya sebagai berikut.

1 galon standar AS adalah setara dengan 3,78541 liter.

1 galon standar Inggris adalah setara dengan 4,54609 liter.

1 galon kecil air mineral di Indonesia adalah setara dengan sekitar 10 liter hingga 12 liter.

1 galon besar air mineral di Indonesia adalah setara dengan 5 galon standar AS, jadi perhitungannya adalah sebagai berikut.

5 x 3,78541 liter = 18,927 liter

Jadi setara sekitar 18 liter hingga 19 liter.

Liter adalah ukuran satuan air atau cairan atau benda cair yakni sama dengan 1000 cm³.

Berat 1 Galon Berapa Kg

Tiap 1 liter air beratnya diperkirakan sekitar 1 kg. Jadi untuk tiap galon air mineral yang besar di Indonesia rata-rata beratnya diperkirakan sekitar 18 kg hingga 19 kg per buah. Sedangkan untuk galon air mineral di Indonesia yang berukuran kecil beratnya ialah sekitar 10 kg hingga 12 kg.

👉 TRENDING  Biogas adalah bahan bakar bio yang berasal dari

Bentuk Galon

Mungkin ada juga yang bertanya mengenai bentuk galon yang unik dan mengapa tidak dibuat dalam bentuk empat persegi kubus saja atau bentuk kerucut sehingga bisa lebih ringkas dan dapat menghemat tempat. Hal ini karena bentuk bersudut seperti kubus dan kerucut itu rawan mengalami kebocoran pada tiap lipatan segi dan tepian sudutnya. Hal ini berbeda dengan bentuk membuka seperti galon dengan bentuknya yang unik yang tanpa lipatan dan sudut sehingga meminimalkan risiko timbulnya kebocoran karena terdiri dari satu kesatuan seperti bola namun memiliki bentuk khusus yang unit guna memudahkan untuk bisa dipegang rancangannya.

Sehingga bisa lebih cocok dan tepat serta sesuai untuk menjadi wadah cairan yaitu seperti air mineral air minum dan benda cair lainnya desain galon tersebut juga dirancang secara khusus agar mudah dituangkan saat hendak diminum airnya juga ketika saat pengisian airnya agar bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat prosesnya mampu meminimalkan risiko tumpah dan bocornya air.

best tracker