5 contoh kerajinan dari logam kemudian tunjukkan sisi mekaniknya mulai dari sisi bahan teknik hingga bentuknya

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari 5 contoh kerajinan dari logam kemudian tunjukkan sisi mekaniknya mulai dari sisi bahan teknik hingga bentuknya

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

5 contoh kerajinan dari logam kemudian tunjukkan sisi mekaniknya mulai dari sisi bahan teknik hingga bentuknya

Jawaban :

logam atau metal merupakan sebuah unsur, senyawa, atau paduan yang bersifat keras, tidak tembus cahaya, berkilau, dan memiliki daya konduksi panas dan listrik yang baik. Logam memiliki  bentuk dasar yang liat sehingga dapat ditempa atau ditekan secara permanen sehingga berubah bentuk tanpa patah atau retak. Logam juga dapat diolah menjadi kawat halus dengan penarikan. Lima contoh kerajinan dari logam:

1.      Uang keping

2.      Miniatur kendaraan tradisional

3.      Vas bunga

4.      Pisau dapur

5.      Kerajinan patung

Salah satu teknik pembuatan kerajinan logam adalah dengan teknik ukir tekan. Teknik ukir tekan adalah teknik membuat hiasan di atas permukaan pelat logam dengan cara ditekan menggunakan alat sodet. Alat yang biasa digunakan untuk ukir tekan ini dibuat dari bahan tanduk sapi atau kerbau yang telah dibentuk sesuai kebutuhan ukir tekan.

Peralatan yang digunakan harus standar dan sesuai dengan fungsinya. Berikut ini merupakan contoh peralatan yang digunakan untuk pembuatan karya kerajinan ukir tekan.

a. Mistar

b. Palu kayu berujung paku

c. Satu set alat ukir tekan

d. Gunting

e. Pensil

f. Landasan/Spons

g. Pinset

h. Pembentuk sudetan besar

i. Pembentuk sudetan kecil

j. Pembentuk penguku.

 

Metode pembuatan kerajinan logam dapat dibedakan berdasarkan hasilnya apakah dua dimensi atau tiga dimensi. Untuk dua dimensi caranya adalah sebagai berikut:

1.  Membuat sketsa desain di atas kertas A4

2. Sketsa kemudian ditempel pada permukaan bahan logam yang dipakai misalnya almunium.

3. Selanjutnya sketsa dicetak pada media kriya logam menggunakan ballpoint bekas, dengan cara menekan mengikuti garis kontur pada desain gambar yang dibuat.

4. Setelah gambar tersebut terbentuk pada permukaan almunium, kertas diambil, kemudian pada permukaan almunium bagian  bawah diberi alas menggunakan handuk kecil / busa , bag. atas ditekan-tekan sehinga objek gambar terbentuk menonjol keluar seperti relief.

 

Sedangkan untuk kerajinan tiga dimensi, ada 2 teknik yang digunakan dan caranya adalah sebagai berikut:

A. Teknik Pencetakan/Pengecoran :

1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan di butuhkan untuk teknik pencetakan/pengecoran.

2. Lalu buatlah cetakan dasar dari bahan yang tidak menempel pada logam seperti lilin. Lilin sebelumnya dibentuk terlebih dahulu sesuai dengan bentuk kerajinan logam yang akan dikerjakan. Jangan lupa cetakan lilin dibungkus/dilumuri tanah liat agar cairan logam tidak keluar dari cetakan lilin.

3. Membakar bahan logam (almunium,kuningan, dan tembaga) di dalam tungku pembakaran hingga bahan logam tersebut meleleh.

4. Setelah bahan logam telah menjadi cair, lalu cairan logam tersebut di tuangkan dalam cetakan dasar yang telah di buat sebelumnya.

5. Tunggu hingga cairan dalam cetakan mengeras/padat, setelah itu bahan logam tersebut dapat dikeluarkan dari cetakan untuk dikeringkan.

6. Setelah bahan logam tersebut telah berbentuk sesuai dengan yang diinginkan, terakhir bahan logam di haluskan agar permukaanya tampak halus.

 

B. Teknik Penempaan :

1.  Siapkan semua alat dan bahan yang di butuhkan untuk teknik penempaan.

2.  Kemudian tentukan bentuk karya yang akan di buat.

3.  Lalu  gunakan bahan logam yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

4. Setelah itu masukan bahan logam kedalam tungku pembakaran kemudian lakukan tehkink penempaan yaitu dengan memukul bahan logam yang panas akibat di bakar dalam tungku pembakaran dengan palu sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

5. Tahap akhir, jika telah selesai lakukan penghalusan pada pada permukaan hasil kriya logam tersebut.

Demikian penyelesain dari 5 contoh kerajinan dari logam kemudian tunjukkan sisi mekaniknya mulai dari sisi bahan teknik hingga bentuknya , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Lim X-2 = X²-X-2/X-2
best tracker