Sebutkan senyawa yang termasuk Asam kuat,asam lemah, basa kuat, Dan basa lemah.

Sebutkan senyawa yang termasuk Asam kuat,asam lemah, basa kuat, Dan basa lemah. – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Sebutkan senyawa yang termasuk Asam kuat,asam lemah, basa kuat, Dan basa lemah.

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Sebutkan senyawa yang termasuk Asam kuat,asam lemah, basa kuat, Dan basa lemah.

Jawaban :

Senyawa yang termasuk:

  1. asam kuat antara lain: HCl, HNO₃, H₂SO₄, HBr , HI , HClO₃, HClO₄, HClO3 , HBrO₃, HBrO₄, HIO₃, HIO₄
  2. asam lemah antara lain: CH₃COOH , H₂SO₃, H₂CO₃ , HCN , HF , H₂O₂, HClO , HNO₂ , H₂S, H₃AsO₄
  3. basa kuat antara lain: LiOH , NaOH , KOH , Ca(OH)₂ , RbOH , Sr(OH)₂, CsOH , Ba(OH)₂
  4. basa lemah antara lain: NH₃, Fe(OH)₂, NH₂OH , Al(OH)₃, Fe(OH)₃, NH₄OH , CH₃NH₃OH , C₂H₅NH₃OH.

 

Pembahasan

Asam merupakan senyawa kimia yang jika dilarutkan dalam air menghasilkan larutan dengan pH kurang dari 7. Asam dapat diartikan pula sebagai zat yang dapat melepaskan ion H⁺ di dalam air.

Basa merupakan  senyawa kimia yang jika dilarutkan dalam air menghasilkan larutan dengan pH lebih dari 7. Basa dapat diartikan pula sebagai zat yang dapat menghasilkan ion hidroksida OH⁻ di dalam air.

 

Kekuatan asam dan basa tergantung pada kemampuan penguraian senyawa tersebut ketika dilarutkan di dalam air. Asam kuat dan basa kuat merupakan senyawa yang dapat terurai secara keseluruhan ketika dilarutkan di dalam air menjadi ion-ion pembentuknya, sedangkan asam lemah dan basa lemah merupakan senyawa yang hanya terurai sebagian saja ketika dilarutkan di dalam air.

 

Basa kuat biasanya dibentuk dari unsur-unsur golongan IA (alkali) dan IIA (alkali tanah) seperti Li, Na, K, Ca, Ba, Rb, Cs, Sr.

Asam kuat biasanya dibentuk dari unsur-unsur golongan VII A (halogen).

 

Semoga dapat membantu. Selamat belajar!

Demikian penyelesain dari Sebutkan senyawa yang termasuk Asam kuat,asam lemah, basa kuat, Dan basa lemah. , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Fungsi stator dan rotor pada motor listrik...saya smk mapelnya sistem aktuator
best tracker