Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kapasitor

Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kapasitor – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kapasitor

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kapasitor

Jawaban :

Jenis-jenis kapasitor, yaitu:

  • Kapasitor Nilai Tetap (Fixed Capacitor), yaitu jenis kapasitor yang nilainya konstan atau tidak akan berubah-ubah. Macam-macam kapasitor nilai tetap yaitu:
  1. Kapasitor keramik yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang memiliki isolator yang terbuat dari sebuah keramik yang berbentuk bulat tipis atau persegi empat.
  2. Kapasitor polyester yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang memiliki isolator yang terbuat dari sebuah polyester dengan bentuknya persegi empat.
  3. Kapasitor kertas yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang isolatornya terbuat dari suatu kertas.
  4. Kapasitor mika yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang bahan isolatornya terbuat dari suatu bahan mika.
  5. Kapasitor elektrolit yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang bahan isolatornya terbuat dari sebuah elektrolit dan yang berbentuk tabung atau silinder.
  6. Kapasitor tantalum yaitu jenis kapasitor nilai tetap yang memakai sebuah bahan logam tantalum yang sebagai terminal anodanya (+).
  • Kapasitor Variabel yaitu salah satu jenis kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diatur atau berubah-ubah. Jenis-jenia kapasitor variabel yaitu:
  1. VARCO (Variable Condensator) yaitu jenis kapasitor variabel yang terbuat dari logam dengan ukuran yang lebih besar yang digunakan untuk memilih gelombang frekuensi pada suatu rangkaian radio.
  2. Trimmer yaitu jenis kapasitor variabel yang mempunyai bentuk yang lebih kecil sehingga memerlukan bantuan alat seperti obeng untuk bisa memutar poros pengaturnya.

 

Pembahasan

Kapasitor adalah komponen listrik yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor disusun oleh dua keping atau dua lembaran penghantar listrik yang dipisahkan oleh isolator listrik berupa bahan dielektrik.

Kapasitor memiliki fungsi sebagai:

  1. Penyimpan sebuah arus atau tegangan listrik.
  2. Menghambat aliran arus searah atau DC.
  3. Melewatkan aliran arus bolak-balik atau AC.
  4. Sebagai Filter dalam suatu Rangkaian Power Supply.
  5. Sebagai pengatur sinyal dan frekuensi gelombang yang diinginkan.
  6. Sebagai penundaan waktu (delay timer).
  7. Sebagai penggeser fase.

Demikian penyelesain dari Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kapasitor , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Sebutkan urutan lapisan media penyaringan air secara benar!
best tracker