Jam waktu sholat shubuh,dhuhur,ashar,magrib,isya

Jam waktu sholat shubuh,dhuhur,ashar,magrib,isya – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Jam waktu sholat shubuh,dhuhur,ashar,magrib,isya

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Jam waktu sholat shubuh,dhuhur,ashar,magrib,isya

Jawaban :

Berikut ini adalah waktu sholat berdasarkan hadis nabi ketika Jibril Alaihissalam memberitahukan waktu shalat tersebut yaitu:

  • Waktu shalat Zhuhur dimulai ketika tergelincirnya matahari (waktu awal) hingga sampai bayang-bayang seseorang sama dengan tingginya.
  • Waktu shalat Ashar ketika wakdu Zhuhur berakhir hingga matahari belum menguning.
  • Waktu shalat Maghrib dimulai sejak matahari tenggelam sampai cahaya merah di ufuk belum hilang. Waktu Maghrib ini berlaku sekitar 75 – 90 menit.
  • Waktu shalat Isya dimulai dari cahaya merah di ufuk menghilang hingga pertengahan malam. Pertengahan malam yaitu antara Isya dan Subuh.
  • Waktu shalat Shubuh berlaku mulai dari terbit fajar kedua (fajar shadiq) hingga matahari terbit.

 

Pembahasan

Waktu sholat saat ini sudah dapat dengan mudah diketahui dengan jam dan aplikasi di handphone. Akan tetapi pada zaman dahulu maka waktu sholat harus berdasarkan tanda-tanda alam seperti matahari dan langit. Dalam sebuah hadis, JIbril Alaihissalam datang kepada nabi dan menjelaskan waktu shalat sebagai berikut:

 

وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ – رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا – أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: ” وَقْتُ اَلظُّهْرِ : إِذَا زَالَتِ اَلشَّمْسُ, وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ, مَا لَمْ تَحْضُرِ اَلْعَصْرُ, وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ: مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ, وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ: مَا لَمْ يَغِبِ اَلشَّفَقُ, وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ: إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ,  وَوَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ: مِنْ طُلُوْعِ الفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Waktu shalat Zhuhur jika matahari sudah tergelincir ke barat ketika itu panjang bayangan sama dengan tinggi seseorang, selama belum masuk shalat ‘Ashar. Waktu shalat ‘Ashar adalah selama matahari belum menguning. Waktu shalat Maghrib adalah selama belum hilang cahaya merah pada ufuk barat. Waktu shalat Isya adalah sampai pertengahan malam. Waktu shalat Shubuh adalah dari terbit fajar selama belum terbit matahari.” (HR. Muslim no 612).

Demikian, Semoga membantu!

Demikian penyelesain dari Jam waktu sholat shubuh,dhuhur,ashar,magrib,isya , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Hasil dari 34/8 menjadi pecahan campuran
best tracker