Tuliskan 3 fungsi keluarga menurut iman kristen

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Tuliskan 3 fungsi keluarga menurut iman kristen

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Tuliskan 3 fungsi keluarga menurut iman kristen

Jawaban :

KELUARGA MENURUT KRISTEN

Sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar istilah keluarga dalam kehidupan kita. Merujuk kepada KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, keluarga adalah organisasi terkecil dalam sistem hidup bermasyarakat. Keluarga terdiri dari tiga unsur di antaranya adalah; bapak, ibu, dan anak – anak. Sesuatu dapat disebut sebagai sebuah apabila tiga unsur tersebut terpenuhi.

Istilah keluarga yang ada di dalam kamus KBBI tidak sama dengan istilah keluarga dalam perspektif agama Kristen. Keluarga dapat dilambangkan sebagai gereja sebagai tubuh Kristus.

Keluarga bukan hanya tempat atau lembaga untuk mencari kepentingan diri sendiri, melainkan Yesus menginginkan keluarga sebagai pendidikan untuk dapat mempelajari arti kerukunan, saling mencintai kepada sesama, dan juga mengetahui arti Paskah. Oleh karena itu keluarga memiliki fungsi – fungsi dalam perspektif Kristen, apakah fungsi – fungsi itu? Mari kita pelajari bersama

 

Pembahasan

Fungsi keluarga Kristen. Di antaranya;

1. Sebagai Utusan Tuhan Untuk Mengelola Alam Semesta

Tuhan telah menyediakan alam semesta beserta isinya kepada manusia. Maka manusia dituntut untuk menjaga alam tersebut, melestarikan kehidupannya, dan mengelolanya dengan baik, dan tidak melakukan kerusakan di dalamnya. Dunia dijaga dengan tujuan agar dapat dirasakan oleh generasi – generasi yang akan datang. Sebagai keluarga Kristen, pendidikan menjaga alam semesta harus diajarkan kepada anak – anak, dengan memperhatikan hal – hal terkecil lebih dahulu, seperti menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Sekilas sikap tersebut terlihat sepele namun dampaknya sangat bermanfaat untuk kelestarian alam semesta

2. Sebagai Lembaga Untuk Berekspresi

Keluarga selain sebagai tempat pendidikan mengelola alam, ia juga sebagai tempat pengajaran cinta, kasih, harapan, kesetiaan, dan saling menghormati. Lima ekspresi itu harus ditunjukkan oleh anggota keluarga kepada sanak keluarga yang lainnya. Ekspresi itu dapat direalisasikan dengan bentuk saling berbagi dan mengasihi. Karena Yesus menghendaki kita untuk berbagi dan tidak menyukai sikap rakus terhadap harta duniawi.

Yohanes 13:34-35 “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid – muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

3. Sarana Pendidikan yang Pertama dan Terutama

Dalam ajaran Kristen, keluarga juga sebagai sarana belajar dan mengajar, orang tua adalah pendidik bagi anak – anaknya. Seorang anak apabila tidak dididik dengan disiplin ia akan tumbuh menjadi anak yang sombong, egois, dan congkak. Ia tidak akan mau mendengar ucapan orang lain. Ia cenderung melakukan hal – hal yang ia inginkan tanpa menghiraukan nasehat dari orang lain bahkan orang tuanya sendiri sekalipun.

Memberikan hukuman secara langsung kepada anak juga tidak baik dilakukan tanpa memberi peringatan terlebih dahulu. Peringatan terdiri dari tiga level, yaitu; peringatan ringan, peringatan sedang, dan peringatan berat. Maka jika si anak melanggar ketiga – tiganya, barulah orang tua memberikan hukuman kepada anak itu. Hukuman pun harus sesuai dengan kenakalan yang dilakukan oleh anak.

Selain hukuman, pujian pun perlu diberikan untuk mengapresiasi perlakuan baik yang dilakukan oleh anak. Dengan begitu, anak akan merasa antusias karena mendapat penghargaan dan hasilnya ia akan lebih tau hal yang seharusnya dilakukan. Amsal 22:6 “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

4. Tempat Untuk Menciptakan Suasana Surga

Surga dalam ajaran Kristen adalah tempat sederhana namun indah. Keindahannya tampak dari suasana kasih dan suka cita. Maka dengan kehadiran keluarga semestinya dapat menjadi tempat yang kasih dan saling merasakan suka cita bagi semua anggota keluarganya, saling bercanda dan tertawa, dan merasakan kehangatan satu sama lain.

Surga dapat diwujudkan jika Allah juga terlibat hadir didalamnya. Dengan rajin berdoa dan beribadah, agar keluarga dikaruniahi oleh kepenuhan Allah sendiri. Efesus 3:17-18 “Sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebar dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.”

5. Sebagai Dasar Iman Sumber Keselamatan

Yang paling utama dari keluarga adalah sebagai tempat menanamkan Iman kepada Yesus Kristus. Kisah Para Rasul 16:31 “Jawab mereka: Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Demikian penyelesain dari Tuliskan 3 fungsi keluarga menurut iman kristen , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  1=1/2 pangkat x. berapakah nilai x?
best tracker