Melestarikan Budaya Khas Sumatera Barat Lewat Tarian Piring Dan Payung

Setiap daerah memiliki budaya khasnya masing – masing, lewat jalur kesenian. Tak terkecuali Tari Piring dan Tari Payung berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Pasti Anda pernah mendengar kedua nama tarian tersebut karena kerapkali sering dijadikan bagian dari ajang mempromosikan budaya daerah di Indonesia, tak sedikit orang yang tertarik terhadap tarian ini, termasuk para orang – orang luar negeri yang mencintai kebudayaan Indonesia.

Kedua tarian ini sering akan mempertunjukkan sebuah atraksi yang dilengkapi dengan atribut piring dan payung. Tari Piring berasal dari Solok, Sumatera Barat. Untuk tari piring sendiri awalnya dipopulerkan oleh Huriah Adam, sedangkan untuk tarian payung pada awalnya ditata oleh seorang yang bernama Siti Agam asal daerah Bukittinggi.

Sama halnya seperti tarian yang lain, seperti tari jaipong, saman, dan semacamnya. Ternyata kedua tarian tadi kerap kali dijadikan untuk acara – acara penyambutan orang terhormat serta aktivitas – aktivitas kebudayaan maupun acara penting lainnya.

Sejarah Tarian

Tari Piring berasal dari Solok ternyata sudah ada sejak lama lho, tarian ini disinyalir oleh para sejarawan telah ada di bumi Nusantara sejak sekitar tahun 1200an Masehi. Ketika itu masyarakat dimana tempat tarian tersebut muncul, masih melakukan ritual animisme dan dinamisme, salah satunya pemujaan terhadap dewi padi yang dipercaya memberikan hasil panen yang melimpah kepada masyarakat.

Berbeda halnya dengan tari payung, yang mana tarian tersebut baru datang ke Nusantara ketika Indonesia masa dalam pengaruh kolonialisme Belanda, dahulunya tarian ini terkenal dengan nama tari toonel oleh masyarakat umum. Sama seperti tari piring, dahulu kedua tarian tersebut juga diperuntukkan untuk pemujaan dewa – dewa.

Namun sejak kedatangan Islam ke nusantara, membawa pengaruh yang mengubah konsep serta kepercayaan dalam tari ini. Tak terkecuali Tari Piring berasal dari Sumatera Barat Dan kini tarian tersebut dilakukan hanya sebagai sarana hiburan untuk memeriahkan suatu acara. Baik acara adat ataupun acara – acara besar lainnya.
Potensi Untuk Mendunia

👉 TRENDING  Tentukan nilai dari integral (x+1)dx

Tari Piring dan Tari Payung berasal dari Provinsi Sumatera Barat, dimana letak provinsi tersebut sangatlah strategis dengan Negara – Negara luar karena jaraknya yang cukup berdekatan. Sehingga untuk mempromosikan budaya Indonesia ke kancah luar negeri tidak terlalu jauh, karena letak geografisnya yang berdekatan dengan Negara – negara lain.

Indonesia sendiri menjadi perhatian dunia akan keberagaman budayanya yang menarik dan bagus, cukup jarang sebuah Negara di dunia yang di dalam Negara tersebut terdiri dari beragam budaya serta kesenian yang berbeda. Uniknya lagi, setiap perbedaan tersebut memiliki ciri khasnya masing – masing yang tak dapat dijumpai di Negara manapun.

Ini tentunya menjadi salah satu pendorong bagi Anda para generasi muda untuk tetap melestarikan Tari Piring dan Tari Payung berasal dari provinsi di Indonesia, karena potensi tersebut sangatlah terlihat kuat, hanya tinggal Anda semua saja sebagai generasi muda yang melanjutkannya ke kancah dunia.

best tracker