Untuk Ibu Rumah Tangga, Mari Kita Kenal Lebih Jauh Takaran Makanan

Untuk Anda para wanita, terutama pasangan suami istri yang baru menikah, tentunya masalah takaran menjadi problem utama dalam dapur masing – masing. Semisal pertanyaan tentang 100 gram berapa sendok makan? Ini merupakan pertanyaan yang pada umumnya sering ditanyakan.

Terlebih bagi Anda yang jarang sekali pergi ke dapur dan baru sekali memasak disana, tentu pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang pertama kali terngiang di dalam benak Anda. Yang mana pertanyaan 100 gram gula berapa sendok makan membuat Anda kebingungan dalam menentukan takaran masakan yang akan Anda racik.

Mengenal Lebih Jauh Takaran Makanan

Biasanya pertanyaan semacam 100 gram gula berapa sendok makan akan terbesit ketika Anda telah membuka resep makanan, biasanya disitu tertulis bahan baku yang dibutuhkan yakni 50 gram tapioka, 100 cc air masak, 250 gram gula pasir. Lantas bagaimana terus melakukan takaran pada bahan tersebut? Dan berbagai macam pertanyaan semacamnya.

Agar supaya Anda tidak kebingungan lagi dengan pertanyaan 100 gram gula berapa sendok makan, jika Anda dihadapkan dengan pertanyaan yang demikian, tentu ada beberapa cara mudah untuk menghafalnya lewat penjelasan kami di bawah ini. Karena tentu permasalahan yang demikian akan menjadi polemic tersendiri bagi Anda yang masih belum bisa memahaminya dengan jelas.

Perlu Anda ingat bahwa tiap 100 gram mengandung isi 7 sendok makan pada umumnya, tetapi jika Anda menggunakan gula halus maka setara dengan 10 sendok makan. Jika diatur kelipatannya maka tiap 10 gram mengandung isi sebesar 0,7 sendok makan atau tidak sampai memenuhi wadah daripada sendok tersebut. Bagaimana? Sudah paham kan 100 gram berapa sendok makan?

Lain kaitannya dengan jika Anda menggunakan mililiter sebagai alat ukur acuan, pada mililiter biasanya pada tiap 10 gram itu memuat isi sampai 10 mililiter dan berlaku juga untuk kelipatannya. Jadi 20 gram sama dengan 20 mililiter, 30 gram sama dengan 30 milliliter, dan seterusnya.

👉 TRENDING  Anda Masih Bingung Menakar Takaran Adonan? Yuk Simak Penjelasan Di Bawah

Cara Mengkonversi Takaran

Perlu Anda ingat sekali lagi takaran mililiter itu sama dengan centimeter cubic (cc). walaupun sama ketika digunakan dalam penghitungan volume, untuk perbedaannya sendiri biasanya pada kegunaannya. Jika mililiter biasanya berguna untuk menunjukkan konversi liter, maka CC berguna untuk mengetahui volume kubik dari suatu massa.

Contoh lainnya yakni jika sebuah tepung memiliki massa sebesar 600kg/m³ lalu dikonversi menjadi gram/ml maka massa tersebut dikalikan hingga turun 3 menjadi 600.000 gram / 1.000.000 ml atau setara dengan 0,6 gram/ml.

Itulah beberapa contoh mengenai penurunan konversi yang bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari – hari, karena hal tersebut memang terdengar sangat sepele namun dampaknya sangat signifikan. Karena berhubungan dengan rasa dari masakan Anda nantinya, jadi Anda sudah tak perlu kebingungan lagi menanyakan 100 gram berapa sendok makan. Semoga bermanfaat.

best tracker