Ubah Meter Ke Liter Untuk Mengukur Berapa Volume Air Minum Dalam Kemasan Galon

Sebagai salah satu kebutuhan, Anda pasti sudah familiar dengan galon. Galon biasanya dipakai sebagai wadah kemasan air minum dengan kapasitas volume air yang banyak. Untuk mengetahui volume air, maka biasanya Anda mengubah satuan meter ke liter.

Namun, tahukah Anda satu galon berapa liter? Hal sederhana yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jika diukur secara satuan liter di beberapa negara memiliki perbedan. Bahkan di Indonesia istilah galon punya arti tersendiri.

Perbedaan Istilah Galon

Di Amerika Serikat dan Inggris, galon bukan sekadar bentuk kemasan saja melainkan sebuah satuan untuk menunjukkan volume air. Satuan galon pun biasanya disingkat dengan β€œgal”. Dalam sejarahnya sendiri, satuan galuan kerap dipergunakan untuk menakar bir dan anggur terutama di Inggris.

Dengan demikian, galon adalah satuan yang digunakan untuk menakar benda cair. Satuan galon sangat populer di beberapa negara sehingga tidak ada kebakuan dalam penentuan nilainya. Ketidakbakuan dalam perhitungan disinyalir karena beberapa negara memiliki perbedaan tersendiri. Hal ini bisa dibuktikan antara satuan galon di Amerika dan Inggris.

Amerika menetapkan bahwa dalam satuan 1 galon setara dengan 3.785 liter. Hitungan liter ini pun berbeda dengan di Inggris yang mana dalam satuan 1 galon mereka tetapkan setara dengan 4.546 liter. Perbedaan inilah yang menyebabkan galon tidak ketentuan yang baku dalam pengukurannya.

Akan tetapi, Anda bisa melihat ukuran volume air dengan mengubahnya dari dimensi meter ke liter. Anda akan mendapati perbedaan ketika mengukur satuan liter di antara beberapa negara. Dengan begitu, Anda bisa melihat berapa sebenarnya kesetaraan 1 galon yang terisi air.

Galon di Indonesia

Di Indonesia, galon jarang dipakai dalam satuan pengukuran volume benda cair. Galon lebiih tepatnya disebut sebagai bentuk kemasan air minum. Dalam 1 galon di Indonesia setara dengan 19 liter. Angka ini sangat berbeda jauh dengan dua negara sebelumnya.

πŸ‘‰ TRENDING  50 Gr Berapa Sendok Makan? Berikut Takaran Menggunakan Sendok Makan (Sdm)

Tidak mengherankan jika di Indonesia tak mengenal satuan galon tetapi lebih pada satuan liter. Adanya pergeseran makna galon inilah yang kerap merancukan apakah galon adalah satuan atau sekadar wadah. Padahal, dalam sejarahnya sendiri galon adalah ukuran untuk menakar benda cair.

Kendati demikian, perbedaan budaya dan bahasa menjadi alasan tersendiri dalam pemakaian istilah galon. Karena disebut sebagai wadah bukan satuan, maka 1 galon di Indonesia bisa melebihi ukuran dalam satuan liter di Amerika dan Inggris.

Maka wajar jika memang tidak ada satuan galon yang baku jika ingin disetarakan dalam satuan liter. Penggunaan ataupun pemanfaatan galon yang berbeda inilah penyebab penyebutan galon kurang dikenal untuk menakar volume benda air. Mungkin Anda lebih familier dengan mengubah satuan meter ke liter untuk menakarnya.

best tracker