Mengetahui Isi Satu Galon Berapa Liter Dan 1 Liter Berapa ML

Satu galon berapa liter? Bagi pengguna air dalam kemasan galon tentunya anda pernah bertanya-tanya berapa ukuran volume isi dalam galon. Disisi itu unutk mengukur berapa volume dalam galon pada umumnya dihitung dengan menggunakan skala liter atau cm3 atau dibaca dengan centimeter Kubik.

Berdasarkan Science Trends, Galon sejatinya merujuk pada satuan ukuran volume. Sehingga secara sederhananya galon bukanlah nama resmi dari sebuah wadah air yang bisa digunakan untuk menampung air mineral isi ulang.

Namun hal ini masih saja disalah artikan oleh beberapa pihak yang menganggap bahwa galon adalah wadah yang menampung air mineral isi ulang ini dengan satuan ukurannya. Setidaknya ada 2 standar ukuran galon yang beredar di beberapa negara  misalnya seperti salah satu standar di negara Amerika serikat ukuran 1 galon setara dengan 3,785 liter air. Sedangkan untuk standar Inggris isi atau volume air pada galon setara dengan 4,546 liter air.

Sejatinya ukuran galon memang tidak selalu sama, sementara itu untuk menentukan satu galon berapa liter, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui satuan galon apa yang dipakai.

Ha lini karena di dunia memiliki dua jenis ukuran standar galon. Adapun ukuran standar galon yang digunakan di dunia adalah Galon versi Amerika serikat dan Galon versi Inggris.  Oleh karena itu ukuran galon tentunya tidak selalu sama tergantung galon mana yang anda gunakan.

Sedangkan berdasarkan ukuran standar yang di Indonesia biasnya sekitar 18,9271 liter atau jika dibulatkan 19 liter atau sekitar 3-4 galon dengan 2 standar dunia yang beredar.

Lalu 1 liter berapa ml?

Sedangkan untuk mengukur 1liter berapa ml, kita bisa menghitung dengan konversi satuan pengukur volume. Pada umumnya konversi satuan volume memiliki 7 tingkatan yaitu; Kiloliter (kl), Hektoliter (hl), Dekaliter (da), Liter (L), Desiliter (dl), Sentiliter (cl), dan Mililiter (ml). Untuk setiap tingkat turunannya akan dikalikan dengan nilai 10 sedangkan apabila mengalami penaikan tingkatan akan dibagi 1/10.

👉 TRENDING  Mengenal Satuan Liter Pada Galon

Sedangkan untuk perhitungan 1 liter berapa ml maka, maka tangga akan turun melalui 3 tangga yaitu Desiliter (dl), Sentiliter (cl), dan Mililiter (ml). maka tingkatan akan dikalikan 1000 karena menuruni tiga tangga, sehingga hasil 1 liter adalah 1000 mili.

Sehingga dapat disimpulkan hitungan liter jika menggunakan kedua standar galon yang beredar di Indonesia adalah sebagai berikut penjelasannya.

Apabila anda menggunakan galon berstandar Amerika Serikat maka ukuran satu galon adalah 3,7841 liter, sehingga hitungan untuk berapa mili akan dihitung 3,7841 X 1000. Sehingga dapat disimpulkan apabila menggunakan standar Amerika 3,7841 liter setara dengan 3784,1 mililiter.

Sementara itu apabila anda menggunakan galon dengan standar inggris ukuran satu galonnya sama dengan 4,54609 liter. sehingga hitungan untuk berapa mili akan dihitung 4,54609 X 1000. Sehingga dapat disimpulkan apabila menggunakan standar Amerika 4,54609 liter setara dengan 4546,09 mililiter.

Namun apabila menggunakan standar yang beredar di Indonesia akan menghasilkan 19.000 mililiter dalam satu galon.

Demikianlah penjelasan untuk perhitungan 1 liter berapa ml dalam satu galon air yang berdasarkan standar 2 negara galon Amerika dan Inggris.

best tracker