Berapa Liter Dalam Satu Galon Itu?

Berapa liter dalam satu galon itu, hal ini kerap kali muncul di benak dan menjadi pertanyaan seiring makin lazimnya galon dipergunakan dalam keseharian masyarakat di Indonesia, yakni sebagai wadah air minum kemasan atau air mineral. Padahal sejak dulu sebelumnya ukuran resmi air dan cairan atau benda cair lainnya adalah dalam satuan ukur liter. 1 Liter adalah setara dengan 1000 cm³ dan beratnya ialah sekitar 1 kg.

Awal Mula Istilah Galon

Diperkirakan sejarah awal mulanya istilah ini adalah dari kata galun dari bahasa Prancis Kuno Utara. Tapi ada juga kata gęllet yang artinya mangkuk dalam bahasa Inggris Kuno. Di Inggris pula untuk mengukur anggur dan bir maka dipergunakan satuan ukur galon. Di Indonesia masyarakat mulai mengenal galon sejak maraknya penjualan air minum kemasan dari air mineral yang dikemas dalam wadah galon yang terdiri dari 2 ukuran, yaitu kemasan galon kecil dan galon besar. Air Minum Kemasan (AMDK) di Indonesia, yang pertama muncul ada Aqua lalu disusul dengan berbagai merk air kemasan lainnya seperti Le Minerale, VIT, Club, Evian, Axogy, Cleo Pure, Amoz, Amidis,  HDO, Himodo, Linmas, Ake, Pristine, Itsmine, Link-Q, Alkaline Perfec, Grand, Eternasl Plus (E+) dan lain sebagainya.

Satu Galon Berapa Liter dan Kg Beratnya

Terdapat beberapa jenis galon di dunia, yakni ada sebagai berikut.

Galon standar ukuran Amerika (AS) yang per galonnya adalah berisi 3,78541 liter, dengan berat sekitar 3,8 kg air per galon AS.

Galon standar ukuran Inggris (UK)  yang per galonnya adalah berisi 4,54609 liter, dengan berat sekitar 4,5 kg air per galon UK.

Galon berukuran kecil wadah air kemasan di Indonesia yang per galonnya adalah sekitar 10 liter hingga 12 liter, dengan beratnya yakni sekitar 10 kg hingga 12 kg air per galon kecil.

👉 TRENDING  Mengenal Sejarah Tari Piring Dan Juga Keunikan Yang Dimilikinya

Galon berukuran besar wadah air kemasan di Indonesia yang per galonnya adalah sekitar 5 kali galon standar AS sehingga isinya adalah 5 x 3,78541 liter, yaitu sekitar 18 liter hingga 19 liter. Dengan beratnya yakni sekitar 18 kg hingga 19 kg air per galon besar. Jika wadah galon besar tersebut mau diisi digenapi menjadi 20 liter misalnya maka airnya akan tumpah dan meleber kemana-mana karena kapasitas 1 galon besar itu maksimal adalah hingga 19 liter saja.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa negara ada yang menggunakan satuan ukur galon dibanding satuan ukur liter, yakni antara lain ada negara Inggris dan sekitarnya, juga negara Amerika Serikat serta Kanada, juga beberapa negara Karibia serta Amerika Latin. Sehingga satuan ukur galon tersebut pada beberapa negara tersebut tak hanya digunakan untuk mengukur jumlah air saja, namun juga untuk mengukur besin dan solar juga.

best tracker