Apa yang dimaksud dengan novel dan berikan contohnya

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Apa yang dimaksud dengan novel dan berikan contohnya

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Apa yang dimaksud dengan novel dan berikan contohnya

Jawaban :

Novel berasal dari bahasa Italia (novella) yang artinya sebuah barang baru yang kecil. Novel adalah karya sastra yang menceritakan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang tokoh atau beberapa tokoh.

Contohnya :

  • Laskar Pelangi karya Andrea Hirata
  • Mariposa karya Luluk HF
  • Sang Pemimpin karya Andrea Hirata
  • Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy

 

Penjelasan

Novel berasal dari bahasa Italia (novella) yang artinya sebuah barang baru yang kecil. Novel adalah karya sastra yang menceritakan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang tokoh atau beberapa tokoh. Novel merupakan sebuah karya sastra dalam bentuk prosa.

 

Struktur novel

1. Pengenalan situasi cerita (exposition, orientasi)

Berisi tentang perkenalan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antar tokoh.

2. Pengungkapan peristiwa

Berisi tentang peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah pertentangan ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

3. Menuju konflik

berisi tentang peningkatan cerita atau situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.

4. Puncak konflik

Puncak konflik bisa juga dikatakan dengan klimaks pada bagian inilah cerita yang paling besar dan mendebarkan. pada bagian ini juga ditentukan adanya perubahan nasib para tokohnya.

5. Penyelesain

Penyelesaian disebut juga sebagai akhir dari cerita yang berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami klimaks.

6. Koda

Koda juga bisa dikatakan sebagai bagian penutup yang berisi komentar terhadap keseluruhan isi cerita.

 

Unsur Intrinsik novel

  1. Tema
  2. Latar/setting
  3. Penokohan
  4. Alur/Plot
  5. Sudut pandang
  6. Gaya

 

Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik yaitu unsur-unsur yang ada di luar tubuh karya sastra. Unsur ini meliputi latar belakang penciptaan, sejarah, biografi pengarang, dan lain-lain.

Demikian penyelesain dari Apa yang dimaksud dengan novel dan berikan contohnya , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Kami selalu belajar di ruang kelas. Ruang kelas yang nyaman akan membuat siswa betah belajar didalamnya. Ruang kelas yang menyenangkan adalah impian bagi setiap siswa. Ciri kelas yang menyenangkan adalah bersih, bebas dari coretan, dan Sampah, memiliki sarana yang lengkap, sejuk, dan tertata rapi. Berdasarkan ilustrasi tersebut Buatlah teks deskripsi​
best tracker