Sebutkan tahapan dikenalnya uang dalam kehidupan ekonomi

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Sebutkan tahapan dikenalnya uang dalam kehidupan ekonomi

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Sebutkan tahapan dikenalnya uang dalam kehidupan ekonomi

Jawaban :

Tahapan dikenalnya uang dalam kehidupan ekonomi adalah tahap sebelum barter, tahap barter, tahap uang barang, tahap uang logam, dan tahap uang kertas.

Halo Squad!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang “tahapan-tahapan sejarah uang”. Okay, without further ado. Let’s get started!!

Pembahasan

Uang adalah segala bentuk atau benda dalam proses pertukaran barang atau jasa yang telah di terima secara umum. Hal penting yang harus terkandung dalam uang adalah dapat diterima secara umum dan merupakan sebuah benda. Menurut AC Pigou uang diartikan sebagai alat tukar. Sedangkan DH Robertson mengartikan uang sebagai sesuatu yang dapat diterima sebagai alat pembayaran agar mendapatkan barang. Uang berperan penting dalam perekonomian dan kehidupan sosial karena melalui uang sebagai alat tukar manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup. Adapun sejarah perkembangan uang terbagi menjadi 5 tahap, yaitu :

1. Tahap sebelum barter

Tahap ini adalah tahap dimana masyarakat belum mengenal pertukaran dikarenakan setiap orang berusaha secara sendiri-sendiri atau masing-masing dalam memenuhi kebutuhannya.

2. Tahap barter

Selanjutnya masyarakat mulai sadar bahwa usaha yang mereka produksi sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup tidaklah cukup. Kemudian muncul inisiatif untuk menukarkan barang produksi mereka dengan orang lain yang memiliki kebutuhan yang mereka inginkan dan sepakat untuk melakukan pertukaran. Berupa barang ditukar dengan barang. Kesulitan dalam transaksi barter adalah kesulitan menemukan orang yang memiliki barang yang kita butuhkan dan kesulitan dalam menyeimbangkan nilai barang-barang yang hendak diturkarkan.

3. Tahap uang barang

Dalam tahap ini tidak ditemukan lagi kesulitan seperti yang terdapat pada tahap barter karena mulai adanya benda-benda yang biasanya dipakai dalam pertukaran dan dapat diterima oleh umum. Kesulitan pada tahap ini adalah nilai untuk pertukaran belum memiliki pecahan, tidak tahan lama, dan mudah hancur.

4. Tahap uang logam

Uang logam dipilih menjadi bahan uang karena tidak mudah hancur atau rusak, tahan lama, dapat dipecah dan tidak mengurangi nilainya, diterima secara umum, dapat dipindah-pindahkan, dan memiliki nilai yang tinggi. Bahan untuk membuat logam biasanya adalah emas dan perak. Croesus yang berasal dari Yunani adalah orang yang menciptakan uang logam dalam bentuk koin.

5. Tahap uang kertas

Dikarenakan keterbatsan persediaan bahan baku dalam pembuatan koin sebagai alat tukar dan kemudian mulai muncul uang kertas.

Fungsi-Fungsi Uang :

1. Fungsi Asli

• Sebagai alat tukar

• Sebagai satuan hitung

• Sebagai penyimpanan nilai

2. Fungsi Turunan

• Untuk menentukan harga

• Sebagai alat penimbun kekayaan, pemindah kekayaan, dan meningkatkan status sosial

• Sebagai alat pembayaran

Demikian penyelesain dari Sebutkan tahapan dikenalnya uang dalam kehidupan ekonomi, semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Program yang menyebabkan kerusakan sistem ketika dijalankan disebut adalah.
best tracker