Bagaimana cara menghitung operasi hitung campuran

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Bagaimana cara menghitung operasi hitung campuran

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Bagaimana cara menghitung operasi hitung campuran

Jawaban :

Berikut adalah cara menghitung dalam pengerjaan operasi hitung campuran:

  1. Mengerjakan terlebih dahulu operasi yang berada dalam tanda kurung.
  2. Operasi yang tingkatannya sama besar/tinggi dikerjakan dengan urut dari kiri ke kanan.
  3. Operasi perkalian dan pembagian pengerjaannya didahulukan, setelah itu selesaikan pengerjaan operasi penjumlahan dan pengurangan.

┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄┄

Pembahasan

Operasi hitung campuran adalah cara penyelesaian suatu bilangan yang perhitungannya terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Operasi hitung ini akan melibatkan paling sedikit dua pengerjaan hitung bilangan. Operasi penjumlahan dan pengurangan tingkatannya sama kuat, sedangkan perkalian tingkatannya sama kuat dengan pembagian.

Contoh soal:

Hasil dari 40 – (-6) : 2 + (-20) × 2 = ….

Jawab:

= 40 – (-6) : 2 + (-20) × 2

= 40 – ((-6) : 2) + ((-20) × 2)

= 40 – (-3) + (-40)

= 40 + 3 – 40

= 43 – 40

= 3 ✅

Keterangan:

Kerjakan terlebih dahulu operasi pembagian dan perkalian (beri tanda kurung untuk mempermudah). Setelah itu, kerjakan operasi pengurangan dan penjumlahan, maka didapatkan hasilnya.

Demikian penyelesain dari Bagaimana cara menghitung operasi hitung campuran , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  5 jam = ... menit pakai cara ya​
best tracker