Apa yang dimaksud dengan distribusi langsung, semi langsung, dan tidak langsung??

Apa yang dimaksud dengan distribusi langsung, semi langsung, dan tidak langsung?? – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Apa yang dimaksud dengan distribusi langsung, semi langsung, dan tidak langsung??

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Apa yang dimaksud dengan distribusi langsung, semi langsung, dan tidak langsung??

Jawaban :

Yang dimaksud dengan distribusi langsung, distribusi semi langsung, dan distribusi tidak langsung adalah:

  • Distribusi langsung: kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen yang dilakukan oleh produsen itu sendiri.
  • Distribusi semi langsung: kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen yang dilakukan oleh saluran distribusi yang merupakan bagian dari produsen itu sendiri. Contohnya adalah layanan antar pada restoran cepat saji.
  • Distribusi tidak langsung: kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen yang dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga atau perantara.

 

Pembahasan

Kegiatan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan seseorang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk ekonomi karena seorang manusia akan terus melakukan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan prinsip ekonomi untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi sendiri bisa dibagi menjadi:

A. Produksi

Kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan menciptakan produk, baik barang atau jasa atau menambahkan nilai guna dan manfaat dari suatu produk. Ada beberapa jenis kegiatan produksi:

  • Ekstraktif: jenis kegiatan produksi yang dilakukan dengan menggunakan bahan mineral yang ada pada bumi. Contohnya adalah pertambangan minyak bumi, emas, dan perak.
  • Agraris: jenis kegiatan produksi yang dilakukan dengan mengolah hasil alam untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai ekonomi. Contohnya adalah sektor pertanian, sektor perkebunan, dan sektor peternakan.
  • Industri: jenis kegiatan produksi yang dilakukan dengan mengolah suatu bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau menjadi bahan jadi. Contohnya adalah industri makanan ringan, alat elektronik, dan perusahaan manufaktur.
  • Jasa: jenis kegiatan produksi yang menghasilkan pelayanan kepada konsumen. Contohnya adalah bengkel, tempat pangkas rambut, dll.

B. Distribusi

Kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Ada beberapa jenis kegiatan distribusi:

  • Langsung: jenis kegiatan distribusi yang dilakukan oleh produsen itu sendiri secara langsung. Contohnya adalah pedagang nasi goreng yang mengantarkan hasil masakannya ke konsumen.
  • Semi Langsung: jenis kegiatan distribusi yang dilakukan oleh saluran distribusi yang tergabung dalam produsen. Contohnya adalah layanan pengantaran dalam restoran cepat saji.
  • Tidak langsung: jenis kegiatan distribusi yang dilakukan oleh pihak ketiga. Contohnya adalah produsen yang menggunakan jasa logistik untuk mengantarkan barang.

C. Konsumsi

Kegiatan akhir dari kegiatan ekonomi yang merupakan kegiatan menghabiskan nilai guna dan manfaat dari suatu produk, baik sebagian maupun keseluruhan.

Demikian penyelesain dari Apa yang dimaksud dengan distribusi langsung, semi langsung, dan tidak langsung?? , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Apa nama tempat tidur pasien
best tracker