Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​

Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​ – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​

Jawaban :

Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​ Acrylic Butadien Styrene (ABS)

Pembahasan

lastik merupakan salah satu bahan terpenting dalam pembuatan berbagai macam produk konsumen dan Industri. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, botol minuman, mainan anak-anak hingga peralatan industri, Plastik telah menjadi suatu bahan yang hampir tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua plastik adalah sama, ada jenis plastik yang dapat digunakan sebagai kemasan atau wadah makanan dan minuman, tetapi ada juga plastik yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan hanya dapat digunakan pada peralatan industri tertentu.

Kode Plastik : 1

  • Jenis Plastik : Polyethylene Terephthalate
  • Singkatan : PETE atau PET
  • Penggunaan : Botol-botol air minum dalam kemasan (AMDK), botol air minuman ringan.
  • Keterangan : Plastik ini disarankan hanya digunakan sekali saja (sekali pakai) dan dapat berbahaya jika terkena air panas karena dapat meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Plastik Polyethylene Terephthalate berwarna transparan (bening) atau tembus pandang. Plastik jenis ini biasanya dapat didaur ulang menjadi perabot rumah tangga, karpet dan life jacket.

Kode Plastik : 2

  • Jenis Plastik : High-Density Polyethylene
  • Singkatan : HDPE
  • Penggunaan : Botol Deterjen, Botol Shampoo
  • Keterangan : Plastik jenis ini lebih tahan panas dan berwarna putih susu, namun seiring dengan meningkatnya waktu penggunaan, plastik HDPE ini juga akan melepaskan senyawa berbahaya yaitu Antimoni Trioksida. Oleh karena itu, plastik jenis ini juga disarankan untuk hanya sekali pakai saja. Plastik High-Density Polyethylene biasanya di daur ulang menjadi tali, pipa dan mainan.

Kode plastik 3

  • PVC (Polyvinyl Chloride)
  • Tertulis (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V di bawah segitiga. V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Jenis plastik PVC ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), untuk mainan, selang, pipa bangunan, taplak meja plastik, botol kecap, botol sambal, botol sampo dll. PVC mengandung DEHA yang berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang dikemas dengan plastik berbahan dapat terkontaminasi karena DEHA lumer pada suhu -15oC. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

Kode plastik 4

  • LDPE (Low Density Polyethylene)
  • Logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE di bawah segitiga. LDPE (low density polyethylene), yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). LDPE banyak dipakai untuk tutup plastik, kantong/tas kresek dan plastik tipis lainnya. Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, Fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. Walaupun baik untuk tempat makanan, barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan. Selain itu pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa kimia. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

kode plastik 5 polypropylene (PP)

  • Jenis plastik ini adalah yang terbaik jika digunakan untuk menyimpan makanan, terutama untuk botol minuman atau botol susu bayi (bening/transparan). Disarankan untuk mencari simbol ini bila membeli barang-barang plastik untuk makanan.
  • Biasa digunakan untuk botol bayi, botol obat, sedotan, dan tempat margarin.
  • Tingkat bahaya dan kesulitan terurai: Rendah.

Kode plastik 6 PS (polystyrene)

  • Jenis plastik ini biasanya sebagai bahan dasar dari styrofoam, tempat minum sekali pakai dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan kita. Tempat makan styrofoam menghasilkan polusi saat diproduksi, menjadi sumber sampah karena penggunaannya hanya sekali pakai, tidak dapat mengurai dengan tanah, dan mengeluarkan gas beracun bila dibakar.
  • Biasa digunakan untuk cup minuman, pembungkus makanan take away, dan cooler.
  • Tingkat bahaya dan kesulitan terurai: Tinggi.

Demikian penyelesain dari Jenis plastik yang biasa di gunakan sebagai pipa saluran air adalah​ , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Gambarkan grafik fungsi kuadrat berikut y=x^2-5x+6
best tracker