Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12

Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12 – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12

Jawaban :

Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12

  • Sesama muslim itu kita bersaudara,
  • Saling menjaga lisan,
  • Allah maha Rahmat atas segalanya,
  • Dilarang untuk berghibah dan tetap untuk husnudzan terhadap sesama muslim,
  • Allah suka orang yang bertaubat kepada-Nya,

 

Pembahasan

Sebagai umat muslim yang baik dan bertakwa kita tidak diboleh kan untuk bermusuhan dan mengghibahkan sesama muslim agar kita selamat dari azab Allah SWT. Berikut dalil Qur’an firman Allah SWT.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَ صْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.”

(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 10)

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰۤى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌ مِّنْ نِّسَآءٍ عَسٰۤى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۚ وَلَا تَلْمِزُوْۤا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَا بَزُوْا بِا لْاَ لْقَا بِ ۗ بِئْسَ الِا سْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِ يْمَا نِ ۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 11)

Sebaik-baik nya manusia kita harus saling menjaga silahturahmi antar umat muslim dan tidak saling menghujat dan mencela orang lain, dan jangan mau terhasut oleh bujuk rayu setan yang menyesatkan kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tercela.

Demikian penyelesain dari Makna isi kandungan surah al hujurat ayat 10 dan 12] , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Cara menghitung 1/2 + 1/4 + 2 1/2 + 1 1/2
best tracker