Jelaskan pengertian resistor secara lengkap!

Jelaskan pengertian resistor secara lengkap! – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Jelaskan pengertian resistor secara lengkap!

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Jelaskan pengertian resistor secara lengkap!

Jawaban :

Jawaban Lengkap:

Resistor merupakan komponen elektronik yang memiliki dua pin dan didesain untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik, dengan resistansi tertentu (tahanan) dapat memproduksi tegangan listrik di antara kedua pin, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding lurus dengan arus yang mengalir.

Resistor disebut juga dengan tahanan atau hambatan, berfungsi untuk menghambat arus listrik yang melewatinya. Satuan resistor adalah ohm.

 

Resistor terbagi 2 yaitu:

1. Resistor Tetap

Resistor tetap adalah resistor yang nilai hambatannya relative tetap, biasanya terbuat dari karbon, kawat atau paduan logam. Nilai hambatannya ditentukan oleh tebal dan panjangnya lintasan karbon. Panjang lintasan karbon tergantung dari kisarnya alur yang berbentuk spiral.

2. Resistor variabel

Resistor variabel atau potensiometer yaitu resistor yang besar hambatannya dapat diubah-ubah, yang termasuk ke dalam potensiometer antara lain: Resistor KSN (koefisien suhu negatif), resistor LDR (light dependent resistor) dan resistor VDR (voltage dependent resistor).

Demikian penyelesain dari Jelaskan pengertian resistor secara lengkap! , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Bagaimana langkah-langkah untuk membuat iklan media cetak yang menarik!?
best tracker