Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur berat benda adalah

Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur berat benda adalah – Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur berat benda adalah

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur berat benda adalah

Jawaban :

Contoh alat ukur berat adalah timbangan neraca.

 

PEMBAHASAN :

 

• Pengertian Berat •

 

Berat ialah gaya yang ditimbulkan oleh massa dan gravitasi. Satuan SI berat ialah Kg.

 

• Rumus Rumus Berat •

 

1. Mencari Weight (berat)

 

w = m.g

 

2. Mencari Force (gaya)

 

F = m.g

 

Keterangan :

 

w = Weight (berat)

F = Force (gaya)

m = Mass (massa)

g = Gravitation (gravitasi)

 

• Contoh Alat Ukur Berat •

 

1. Timbangan Badan

 

Timbangan ini untuk mengukur berat badan seseorang.

 

2. Timbangan Gantung

 

Timbangan ini digunakan untuk mengukur berat barang pangan yang sudah dikemas dan biasanya berbentuk karung atau kemasan besar

 

3. Timbangan Duduk

 

Timbangan ini digunakan untuk mengukur berat barang pangan yang kemasannya relatif kecil ataupun tidak dikemas seperti bawang atau gula.

 

4. Timbangan Digital

 

Timbangan ini banyak digunakan di swalayan modern biasanya digunakan untuk menimbang buah-buahan ataupun daging segar dengan kelebihan yaitu praktis.

 

5. Neraca

 

a. Neraca Pegas

 

Cara mengukurnya, objek akan digantung dengan alat ini kemudian nanti objek akan menarik gantungan ke bawah sehingga akan terindikasi berapa beratnya.

 

b. Neraca Sama Lengan

 

Cara mengukurnya, objek akan diletakkan di dua piringan yang tersedia, kemudian neraca ini menggunakan prinsip kesamaan gravitasi, dengan begitu jika dua piringan setara maka berat itu sama namun bila naik salah satu atau turunn salah satu berarti berat berbeda.

 

c. Neraca O’Hauss

 

Cara mengukurnya, objek akan diletakkan di piringan kemudian kita geser-geser skala berat yang tersedia ada 3 geseran, skala pertama memakai ratusan gram, kedua memakai puluhan gram, ketiga satuan gram, jika saat di geser-geser timbul keseimbangan maka diamkan lalu jumlahlan 3 anak timbangan tersebut.

Demikian penyelesain dari Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur berat benda adalah , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Sebutkan bahan dan alat penjernihan air dengan bahan alami
best tracker