Sebutkan Karakteristik firewall

Semangat pagi sobaaaaat , selamat datang di NowCurrentNews.Com sobat bisa temukan berbagai macam soal – soal baik itu untuk sobat yang masih Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) , maupun Sekolah Menengah Atas (SMA)

Suaaaat ini sobaat sedang berada di kategori Pendidikan , dan sobat saat ini sengan mencari tentang pertanyaan dari Sebutkan Karakteristik firewall

berdasarkan dari pertanyaan tersebut dapat kita ketahui bahwa :

Pertanyaan :

Sebutkan Karakteristik firewall

Jawaban :

Karakteristik Firewall secara umum terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Personal Firewall
  2. Network Firewall

 

Pembahasan

Firewall adalah sebuah sistem kemanan yang ada pada suatu jaringan yang berguna untuk melindungi komputer dari berbagai serangan luar yang bisa datang kapan saja.

Kegunaan lain dari firewall adalah untuk membatasi maupun mengontrol terhadap siapa saja yang hendak masuk dan mengakses data yang ada di dalam suatu jaringan komputer. Firewall juga mengacu terhadap sebuah pengatur komunikasi yang dilakukan oleh dua jaringan yang memiliki karakter atau tipe tidak sama.

Sebagaimana disebutkan di awal maka karakteristik firewall terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Personal Firewall: Yaitu firewall yang dimanfaatkan oleh individu atau perseorangan yang dimanfaatkan untuk melindungi komputernya dari berbagai serangan luar yang bisa menyerang dan mengambil data. Beberapa software/aplikasi firewall kita harus install terlebih dahulu, sehingga bermanfaat agar terhindar dari spamming, spyware dan virus.
  2. Network Firewall: Yaitu sebuah keamanan yang digunakan di dalam sebuah jaringan komputer. Terdapat berbagai macam network firewall yang saat ini beredar di luar sana. Beberapa contoh dari network firewall yang terkenal antara lain: ISA Server, IP Tables, Cisco ASA, Cisco PIX.

Selain itu sebuah firewall haruslah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Firewall haruslah sangat tangguh terhadap berbagai serangan yang datang dari luar.
  • Firewall mengatur berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, artinya membuat policy sehingga tidak sembarang aktivitas dapat dilakukan sehingga dapat membahayakan komputer mapupun jaringan kita.
  • Seluruh kegiatan yang dilakukan baik dari dalamaupun dari luar harus melewati firewall terlebih dahulu. Dengan begitu, firewall bisa melakukan pembatasan atau bahkan pemblokiran terhadap akses yang berpotensi membahayakan jaringan.

Beberapa contoh kejadian dari gagalnya firewall dalam mengendalikan sebuah aktivitas dari luar seperti:

  • Bocornya data akun online shop yang beberapa bulan lalu pernah terjadi di Indonesia. Seharusnya data pribadi dapat dilindungi dan tidak sembarang orang dapat mengakses data tersebut, namun karena lemahnya firewall yang ada maka oknum dari luar dapat mengambil data tersebut.
  • Bergantinya iklan di sebuah papan digital (Videotron) yang terjadi di ibu kota merupakan salah satu ukti kegagalan dari firewall menahan aktivitas yang itdak diketahui dari luar.

Demikian, semoga membantu!

Demikian penyelesain dari Sebutkan Karakteristik firewall , semoga para sobat ini mampu memahami dengan baik dan benar

👉 TRENDING  Apa saja sumber daya alam singapura
best tracker