Seperti Apakah Tari Piring Berasal Dari Sumatera Barat Itu?

Tari piring berasal dari Sumatera Barat,  tari ini biasa dikenal sebagai tari penyambutan tamu terhormat atau untuk pembukaan adat. Tari piring disebut tari piriang yaitu tari tradisional Minangkabau yang menampilkan atraksi menggunakan piring. Penari akan mengayunkan piring pada tangan dengan mengikuti gerakan-gerakan cepat dan teratur. Gerakan ini mengambil dari gerakan silat Minangkabau atau dikenal sebagai silek.

Tari piring sudah ada sejak abad ke-12. Saat itu masyarakat Minangkabau masih menyembah dewa-dewa. Awalnya tari piring digunakan untuk pemujaan masyarakat Minangkabau terhadap dewi padi atas hasil panennya. Namun kedatangan agama Islam membawa perubahan pada kepercayaan dan konsep tari ini. Tari piring tidak lagi dipersembahkan kepada dewa-dewa, namun dilakukan sebagai sarana hiburan seperti acara pernikahan atau upacara adat.

Tari piring berasal dari Sumatera Barat memiliki gerakan yang unik, dinamis, lincah energik dan bahkan seperti akrobatik karena sering menampilkan gerakan-gerakan yang sulit. Gerakan yang ada pada tarian ini antara lain gerak batanam (bertanam), gerak manyabik (menyabit), gerak mengirik (mengirik padi), dan gerakan baguliang (berguling).

Ciri khas dari tarian ini adalah menari dengan membawa piring dikedua tangannya, dengan permukaan piring menghadap ke luar. Tari piring ini dibawakan oleh kelompok atau lebih dari dua penari. Selain itu pada pementasan tari piring, terdapat properti lain bernama Damar, properti satu ini digunakan dengan cara diberi lubang sehingga ujung jari tengah tangan kanan dan kiri bisa dimasukkan ke dalam lubang tersebut, kemudian saat sedang menari damar diketuk-ketukkan ke piring.

Gerakan tersebut merupakan gambaran peristiwa kegiatan masyarakat dalam bekerja. Dengan diiringi musik tradisional yang disebut dengan talempong. Musik talempong terdiri dari enam buah talempong, satu buah gong kecil, satu buah tambua, satu buah botol dan sejenis kerincing. Alat-alat tersebut dibunyikan dengan cara dipukul dengan alat pemukul yang disebut panokok, kecuali tambua yang dipukul dengan tangan dan kerincing yang dipukulkan ke tangan.

👉 TRENDING  AVG merupakan salah satu software ....

Tari piring berasal dari Sumatera Barat dilakukan dengan pola garis lintasan tarian. Ada sekitar enam pola lantai dalam tarian ini yaitu spiral, baris, lingkaran besar, lingkaran kecil, vertikal dan horizontal. Masing-masing penari juga membentuk pola lantai bergerak maju dan mundur berdasarkan pola lantai vertikal dan bergerak ke samping dengan pola horizontal.

Tari piring berasal dari Sumatera Barat, menggabungkan seni tari dan seni bela diri yaitu pencak silat. Tarian ini dibawa dalam waktu 7 menit atau angka-angka ganjil lainnya. Jumlah penari tari piring umumnya berjumlah ganjil yang terdiri dari tiga sampai tujuh orang. Penari harus mengenakan pakaian adat berwarna cerah dengan nuansa merah kuning keemasan khas Minangkabau lengkap dengan tutup kepala.

best tracker